PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SALAMAN

KABUPATEN MAGELANG

Oleh:

Magsudin

04101241014

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa tinggi peran kepala sekolah sebagai supervisor; (2) seberapa tinggi kompetensi profesional guru; dan (3) kontribusi peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kompetensi profesional guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMP Negeri se Kecamatan Salaman yang berjumlah 86 guru. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling, sebesar 44 guru. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 22 guru dan diperoleh koefisien reliabilitas dengan teknik alpha untuk peran kepala sekolah sebagai supervisor sebesar 0,894 dan kompetensi profesional guru sebesar 0,952. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup dan dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase dan analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam membina kompetensi profesional guru di SMP Negeri se Kecamatan Salaman cenderung rendah. Hal ini ditunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam hal membantu merencanakan pembela-jaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran cenderung rendah, namum demikian dalam memberi dorongan kepada guru dalam bekerja dan mengikutsertakan guru dalam kegiatan yang menunjang peningkatan kompetensi profesional cenderung tinggi. (2) Kompetensi profesional guru di SMP Negeri se Kecamatan Salaman cenderung rendah. Hal ini ditunjukkan bahwa kemampuan guru dalam memahami landasan kependidikan, merencanakan pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran cenderung rendah, namun demikian untuk kemampuan mengevaluasi pembelajaran cenderung tinggi. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor berhubungan secara signifikan dengan kompetensi profesional guru (r0 = 0,506). Kontribusi peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kompetensi profesional guru masih sangat kecil, yaitu sebesar 25,6%, sehingga dapat dikatakan bahwa ada sebesar 74,4% dari kompetensi profesional guru didukung oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kepala sekolah sebagai supervisor, Kompetensi profesional guru, Supervisor

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri se Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada program studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Penulis menyadari bahwa keberhasilan dalam menyelesaikan skripsi ini memperoleh bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan segala ketulusan hati penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum, selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang secara tidak langsung memberikan kemudahan dan kelancaran bagi penulis selama menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Pendidikan.

2. Bapak Setya Raharja, M.Pd dan Bapak Sutiman, M.Pd, selaku dosen pembimbing skripsi yang penuh dengan keikhlasan membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan skripsi ini. Terima kasih atas segala ilmu yang selalu diberikan sebagai motivasi penulis untuk menyelesaikan skripsi ini.

3. Bapak Sudiyono M.Si, selaku ketua jurusan Administrasi Pendidikan dan segenap dosen program studi Manajemen Pendidikan yang telah mendidik dan memberikan ilmu yang bermanfat pada penulis.

4. Bapak/Ibu kepala sekolah di SMP Negeri se Kecamatan Salaman, Ibu Siti Fatimah, Ibu Titik Sutiyah, S.Pd, dan Bapak Sudarna, S.Pd dan segenap guru serta karyawan yang telah meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk mendampingi peneliti dalam mengambil data penelitian.

5. Semua pihak yang tidak bisa peneliti sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini.

Dengan segenap kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Teriring doa dan harapan semoga Allah SWT senantiasa memberikan balasan pahala yang setara pada mereka semua.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini banyak kekurangan, karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, Februari 2009

Penulis,

Magsudin

04101241014