KURIKULUM DIKLAT PRAJABATAN

CAPEG ADMINISTRASI GOLONGAN II/ A

KOTAMADYA MAGELANG TAHUN 2009

( Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Training,

dosen pengampu : Drs. Suryobroto)

Oleh :

Sekti Bekti Panca Putri Lestari

05101241023

PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN

JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2008

I. LATAR BELAKANG

Negeri Sipil (PNS) merupakan aparatur negara yang mempunyai peranan dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah Indonesia. Untuk dapat menjadi PNS, seseorang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Berdasarkan Peraturan Pemerintah no 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat PNS. Salah satu jenis diklat adalah diklat prajabatan Golongan II yang merupakan syarat pengangkatan calon PNS golongan II.

CPNS golongan II wajib memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang memadai serta sikap perilaku yang setia dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk dapat membentuk sosok PNS seperti yang disebutkan di atas, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (diklat) yang mengarah pada upaya peningkatan :

1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa Negara dan tanah air.

2. Kompetensi teknis, manajerial dan kepemimpinan.

3. Efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab.

Diklat prajabatan golongan II dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang system penyelenggaraan pemerintahan Negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

II. DISKRIPSI PEKERJAAN

Rincian pekerjaan untuk ketrampilan profesional adalah sebagai berikut :

1. Manajemen peserta didik

§ Mengelola pelaksanaan penerimaaan siswa baru.

§ Mencatat siswa dalam buku induk maupun buku klapper.

§ Mencatat laporan pendidikan (buku raport).

§ Menyusun tata tertib siswa.

2. Manajemen kurikulum

§ Menyusun jadwal pelajaran.

§ Menyusun pembagian tugas mengajar guru.

§ Menyusun rencana kerja berdasarkan satuan waktu tertentu, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

§ Mengelola pelaksanaan evaluasi belajar siswa.

§ Menyusun norma kenaikan kelas .

3. Manajemen personalia

§ Merencanakan kebutuhan personil.

§ Mengelola pelaksanaan penerimaan personil.

§ Menyusun pembagian tugas personil.

§ Mengelola pemberhentian dan pemensiunan personil.

§ Menyusun tata tertib personil.

4. Manajemen keuangan

§ Mengelola keuangan lembaga/ sekolah, baik pendapatan maupun pengeluaran.

§ Menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana.

§ Menyusun daftar gaji personil.

5. Manajemen fasilitas

§ Merencanakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.

§ Membuat daftar inventaris barang.

§ Menyusun jadwal penggunaan fasilitas.

6. Manajemen ketatalaksanaan

§ Mengelola dan menangani kegiatan korespondensi/ surat menyurat.

§ Mengelola penyimpanan arsip/ dokumentasi.

§ Menyusun laporan bulanan/ tahunan.

7. Manajemen HUMAS

§ Melaksanakan kegiatan publikasi dengan teknik dan media yang digunakan.

§ Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan partisipasi publik/ masyarakat.

8. Manajemen Organisasi

§ Menyusun struktur organisasi lembaga/ sekolah.

§ Menyusun program kerja masing-masing unit kerja.

III. KOMPETENSI

Kompetensi adalah kemampuan dan karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang pegawai berupa pengetahuan, keterampilan, sikap, serta perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Beberapa kompetensi yang perlu dimiliki pegawai administrasi antara lain :

1. Mampu melaksanakan penerimaaan siswa baru.

2. Mampu mencatat siswa dalam buku induk maupun buku klapper.

3. Mampu mencatat laporan pendidikan (buku raport).

4. Mampu menyusun tata tertib siswa.

5. Mampu menyusun jadwal pelajaran yang baik dan efektif.

6. Mampu menyusun pembagian tugas mengajar guru.

7. Mampu menyusun rencana kerja berdasarkan satuan waktu tertentu, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

8. Mampu mengelola pelaksanaan evaluasi belajar siswa.

9. Mampu menyusun norma kenaikan kelas.

10. Mampu merencanakan kebutuhan personil.

11. Mampu mengelola pelaksanaan penerimaan personil.

12. Mampu menyusun pembagian tugas personil.

13. Mampu mengelola pemberhentian dan pemensiunanan personil.

14. Mampu menyusun tata tertib personil.

15. Mampu mengelola keuangan lembaga/ sekolah, baik pendapatan maupun pengeluaran.

16. Mampu menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana.

17. Mampu menyusun daftar gaji personil.

18. Mampu merencanakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.

19. Mampu membuat daftar inventaris barang.

20. Mampu menyusun jadwal penggunaan fasilitas.

21. Mampu mengelola dan menangani kegiatan korespondensi/ surat menyurat.

22. Mampu mengelola penyimpanan arsip/ dokumentasi.

23. Mampu menyusun laporan bulanan/ tahunan.

24. Mampu melaksanakan kegiatan publikasi dengan teknik dan media yang digunakan.

25. Mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan partisipasi publik/ masyarakat.

26. Mampu menyusun struktur organisasi lembaga/ sekolah.

27. Mampu menyusun program kerja masing-masing unit kerja.

IV. PENGALAMAN BELAJAR

No.

Mata diklat

Pengalaman belajar

1.

Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

2.

Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

3.

Pembukaan dan Batang tubuh UUD 1945

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

4.

Sistem penyelenggaraan pemerintah RI

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

5.

Otonomi daerah

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

6.

Tata bahasa Indonesia yang baik dan benar

Ceramah/ teori, diskusi kelompok, praktek mengarang dengan tata bahasa yang baik dan benar.

7.

Penggunaan Istilah

Ceramah/ teori, diskusi kelompok, praktek penggunaan istilah yang tepat sesuai kalimat.

8.

Manajemen peserta didik

Ceramah/ teori, diskusi, praktek mencatat siswa dalam buku induk maupun klapper, praktek menyusun tata tertib siswa.

9.

Manajemen kurikulum

Ceramah/ teori, diskusi, praktek menyusun jadwal pelajaran dan rencana kerja, praktek menghitung nilai pada saat evaluasi belajar.

10.

Manajemen personalia

Ceramah/ teori, diskusi, Praktek membagi tugas mengajar guru, praktek menyusun tata tertib personil.

11.

Manajemen keuangan

Ceramah/ teori, diskusi, praktek menyusun daftar gaji personil, praktek menbuat LPJ dana.

12.

Manajemen fasilitas

Ceramah/ teori, diskusi, praktek membuat daftar inventaris barang, praktek merencanakan kebutuhan fasilitas.

13.

Manajemen ketatalaksanaan

Ceramah/ teori, diskusi, praktek kegiatan surat menyurat.

14.

Manajemen HUMAS

Ceramah/ teori, diskusi, praktek membuat media-media publikasi.

15.

Manajemen organisasi

Ceramah/ teori, diskusi, praktek membuat stuktur organisasi

16.

Komunikasi yang efektif

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab, permainan

17.

Membangun kerjasama tim

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab, bermain peran

18.

Budaya kerja organisasi

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

19.

Etika organisasi pemerintahan

Ceramah/ teori, diskusi kelompok/ tanya jawab

V. TUJUAN PROGRAM DIKLAT

Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, Diklat Prajabatan Golongan (I, II, dan III) bertujuan :

1. meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi.

2. menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

3. memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

4. menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Selain tujuan secara umum yang tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000, terdapat pula tujuan dari masing-masing program.

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami, manghayati, dan mengamalkan butir-butir Pancasila.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan kembali sejarah lahirnya Pancasila.

2) Peserta mampu memahami dan memberi contoh pengalaman butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3) Peserta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami hal-hal yang berkaitan dengan kebangsaan NKRI sehingga tertanamkan rasa nasionalisme yang tinggi.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan mendeskripsikan pengertian dan konsep bangsa dan negara.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI.

3) Peserta mampu memahami dan mendeskripsikan pengertian dan konsep integrasi nasional.

4) Peserta mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai kejuangan dan daya saing nasional.

5) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian character building dan hal-hal yang melemahkan ketahanan bangsa.

6) Peserta mampu memahami dan mendiskripsikan wawasan kebangsaan sebagai kekuatan bangsa.

7) Peserta mampu mengidentifikasi dan menganalisa masalah wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI.

3. Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami makna pembukaan dan isi batang tubuh UUD 1945.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami sejarah lahirnya UUD 1945.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan kembali makna pembukaan UUD 1945.

3) Peserta mampu memahami dan menjelaskan isi batang tubuh yang terkandung dalam UUD 1945 (pasal dan ayat-ayatnya).

  1. Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami masalah-masalah dalam penyelenggaraan pemerintahan NKRI.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu menyatakan kembali 7 kunci pokok asas penyelenggaraan NKRI.

2) Peserta mampu menjelaskan peran dan fungsi organisasi pemerintahan RI.

3) Peserta mampu menjelaskan hubungan antar lembaga negara.

4) Peserta mampu menjelaskan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

5) Peserta mampu menjelaskan masalah-masalah penyelenggaraan pemerintahan negara dengan baik dan benar.

  1. Otonomi Daerah

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami arah kebijakan pemerintah dalam otonomi daerah.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian dan konsep otonomi daerah.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan kebijakan pemerintah dalam otonomi daerah.

3) Peserta mampu mengembangkan potensi daerahnya masing-masing sesuai dengan kebijakan pemerintah di bidang otonomi daerah.

  1. Tata Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami tata bahasa menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan.

2) Peserta mampu menulis karangan dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3) Peserta mampu membenarkan tata bahasa Indonesia yang salah.

  1. Penggunaan Istilah

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan mempraktekkan pengunaan istilah yang benar dalam sebuah tulisan.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami arti istilah-istilah dalam kalimat, terutama yang berkaitan dengan administrasi pendidikan.

2) Peserta mampu memahami penggunaan istilah dalam suatu kalimat.

  1. Manajemen Kurikulum

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami pengertian kurikulum dan dapat menerapkannya di lembaga pendidikan.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian kurikulum.

2) Peserta mampu memahami dan menerapkan program kurikulum ke dalam struktur program kurikulum.

3) Peserta mampu dan mendiskripsikan kegiatan-kegiatan manajemen kurikulum.

  1. Manajemen Peserta didik

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan mendiskripsikan pengelolaan peserta didik.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan sistem penerimaan siswa baru.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pencatatan siswa dalam buku induk maupun klapper.

3) Peserta mampu memahami dan membuat tata tertib sekolah.

  1. Manajemen Personalia

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan menjelaskan kegiatan pengelolaan pegawai dan masalah-masalah dalam pengelolaan pegawai.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami sistem penerimaan pegawai.

2) Peserta mampu memahami pembagian tugas pegawai.

3) Peserta mampu memahami pemberhentian dan pemensiunan pegawai.

4) Peserta mampu memahami dan menjelaskan daftar hadir pegawai.

  1. Manajemen Keuangan

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan menyusun pengelolaan keuangan di lembaga pendidikan.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan mengelola keuangan lembaga pendidikan, baik pendapatan maupun pengeluaran.

2) Peserta mampu memahami dan menyusun daftar gaji pegawai.

3) Peserta mampu memahami dan menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana.

  1. Manajemen Tata laksana

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan mendiskripsikan kegiatan-kegiatan dalam pengelolaan tata usaha sekolah/ lembaga pendidikan.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menyusun surat dinas.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan penyusunan buku catatan rapat sekolah (notulen).

3) Peserta mampu memahami cara penyimpanan arsip-arsip sekolah/ kegiatan dokumentasi.

4) Peserta mampu memahami dan menjelaskan penyusunan laporan bulanan maupun tahunan.

  1. Manajemen Fasilitas

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan menjelaskan cara pengelolaan fasilitas pendidikan yang ada di sekolah.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan macam-macam fasilitas pendidikan yang ada di sekolah.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengelolaan fasilitas, mulai dari perencanaan kebutuhan sampai pertanggungjawaban.

3) Peserta mampu memahami tentang jadwal penggunaan fasilitas.

  1. Manajemen HUMAS

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan menjelaskan konsep hubungan sekolah dengan masyarakat dan kegiatan-kegiatannya.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian, macam-macam Humas sekolah.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan arti pentingnya kegiatan Humas di lembaga pendidikan.

3) Peserta mampu memahami dan mendisripsikan kegiatan-kegiatan publikasi dengan teknik dan media yang tepat digunakan.

  1. Manajemen Organisasi

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian organisasi sekolah.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian organisasi sekolah dan kedudukannya.

2) Peserta mampu memahami dan menjelaskan struktur organisasi lembaga pendidikan.

  1. Komunikasi Yang Efektif

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien antar individu maupun kelompok.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu memahami dan menjelaskan pengertian, unsur-unsur, bentuk, peran dan fungsi, proses serta makna komunikasi.

2) Peserta mampu memahami dan mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam berkomunikasi.

3) Peserta mampu memahami prinsip-prinsip komunikasi dan teknik berbicara yang efektif dalam komunikasi.

4) Peserta mampu memahami dan menerapkan strategi antar individu dalam kelompok berdasarkan prinsip saling menghargai dengan baik dan benar.

  1. Membangun Kerja sama Tim (team buiding)

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu bekerja sama dalam kelompok secara efektif dan efisien.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu mendemonstrasikan strategi kerja sama dalam kelompok.

2) Peserta mampu menerapkan kerja sama dalam membangun tim yang sinergis.

  1. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu mengetahui prinsip-prinsip budaya organisasi dengan baik dan benar.

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu menjelaskan pengertian, tujuan, manfaat budaya kerja.

2) Peserta mampu menjelaskan nilai-nilai budaya kerja dalam organisasi.

3) Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip dan cara kerja yang berkualitas dengan baik dan benar.

  1. Etika Organisasi Pemerintah

a. Tujuan Instruksional Umum :

Peserta mampu mengetahui prinsip-prinsip etika organisasi pemerintah

b. Tujuan Instruksional Khusus :

1) Peserta mampu menyebutkan pengertian etika dan moralitas.

2) Peserta mampu menyatakan kembali dimensi etika organisasi pemerintahan.

3) Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip etika organisasi pemerintah.

VI. KRITERIA KEBERHASILAN

Standar penilaian untuk masing-masing program yang menjadi syarat nilai minimal kelulusan penguasaan materi adalah sebagai berikut :

1. Pendidikan Pancasila : 7

2. Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI : 7

3. Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 : 7

4. Sistem Penyelenggaraan Pemerintah NKRI : 7

5. Otonomi Daerah : 6

6. Tata Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar : 6,5

7. Penggunaan Istilah : 6,5

8. Manajemen Kurikulum : 6

9. Manajemen Peserta Didik : 6

10. Manajemen Personalia : 6

11. Manajemen Keuangan : 6

12. Manajemen Tata laksana : 6

13. Manajemen Fasilitas : 6

14. Manajemen HUMAS : 6

15. Manajemen Organisasi : 6

16. Komunikasi Yang Efektif : 6

17. Membangun Kerjasama Tim : 6

18. Budaya Kerja Organisasi Pemerintahan : 6

19. Etika Organisasi Pemerintahan : 6.

VII. ISI DAN STRUKTUR PROGRAM

Isi (materi) program pendidikan dan pelatihan ini secara keseluruhan berjumlah 65 jam pelajaran. Materi tersebut terbagi atas tiga kelompok materi yaitu

Struktur program diklat terdiri dari materi :

1. Materi kelompok dasar berjumlah 14 jam pelajaran, terdiri dari :

§ Pancasila

§ UUD 1945

§ Kebijakan Pemerintah

2. Materi kelompok inti berjumlah 32 jam pelajaran, terdiri dari :

§ Manajemen ketatausahaan

3. Materi kelompok penunjang berjumlah 19 jam pelajaran, terdiri dari :

§ Bahasa Indonesia

§ Organisasi Pegawai

Berikut tabel isi dan struktur program diklat :

No

Materi Pokok

Materi Pembelajaran

Jam

1.

Pancasila

a. Pendidikan Pancasila

2

b. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka NKRI

3

2.

UUD 1945

a. Pembukaan dan Batang Tubuh

b. Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan NKRI

2

3

3.

Kebijakan Pemerintah di Bidang Pembangunan

Otonomi Daerah

4

4.

Bahasa Indonesia Praktis

a. Tata Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

b. Penggunaan Istilah

4

3

5.

Manajemen Ketatalaksanaan

a. Manajemen Kurikulum

b. Manajemen Peserta didik

c. Manajemen Personalia

d. Manajemen Keuangan

e. Manajemen Tata laksana

f. Manajemen Fasilitas

g. Manajemen HUMAS

h. Manajemen Organisasi

4

4

4

4

4

4

4

4

6.

Organisasi Pegawai

a. Komunikasi Yang Efektif

b. Membangun Kerjasama Tim

c.Budaya Kerja Organisasi Pemerintahan

d. Etika Organisasi Pemerintahn

2

4

2

4

VIII. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Metode pembelajaran diklat disusun sesuai dengan tujuan dan sasaran diklat untuk memenuhi kompetensi keahlian dan ketrampilan dalam tugas/jabatan yang bersangkutan. Strategi/ metode belajar mengajar yang dipakai dalam pendidikan dan pelatihan Pra Jabatan Calon Pegawai Administrasi Golongan II/a adalah sebagai berikut :

§ Ceramah

Bertujuan untuk menyampaikan materi yang disampaikan widyaiswara kepada peserta guna menambah pengetahuan.

§ Tanya jawab

Bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan ide/ gagasan yang dimiliki sehingga tercipta komunikasi yang baik antara peserta dengan widyaiswara dan antar peserta.

§ Diskusi

Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, rasa saling menghargai, tukar menukar informasi dan memperkaya gagasan.

§ Latihan

Bertujuan untuk pembinaan ketrampilan.

§ Peragaan

Bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat mempraktekkan langsung.

§ Karya tulis

Bertujuan sebagai latihan para peserta untuk dapat merumuskan buah pikirannya secara tertulis dengan jelas dan sistematik.

§ Simulasi/ role playing

Para peserta melakukan pembelajaran dengan memainkan peran dalam situasi tertentu, seperti bermain peran.

IX. STRATEGI PENILAIAN

1. Penilaian/ evaluasi terhadap peserta

Peserta dinyatakan lulus apabila :

§ Nilai rata-rata minimal 6,5

§ Jumlah hadir minimal 80% dari jumlah pertemuan

§ Mengikuti semua kegiatan pendidikan dan pelatihan

Aspek-aspek yang dinilai terhadap peserta :

a. Sikap dan perilaku

Unsur sikap dan perilaku meliputi :

1) Disiplin, adalah ketaatan dan kepatuhan peserta terhadap seluruh ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Indikator disiplin adalah

Ø Kehadiran

Ø Ketepatan waktu

Ø Ketepatan penyelesaian tugas

Ø Etika dan sopan santun peserta

Ø Kerapian peserta

Ø Keikutsertaan dalam kelas/ senam pagi

Ø Dan ketentuan lain yang ditetapkan penyelenggara.

2) Kepemimpinan, adalah kemampuan memberi motivasi dan menggerakkan peserta lainnya, menyakinkan pendapat kepada orang lain, mempertemukan pendapat dan mengatasi ketegangan yang mungkin ada.

Indikator kepemimpinan adalah :

Ø Obyektif dan tegas dalam mengambil keputusan.

Ø Membela kepentingan bersama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ø Bertangggung jawab.

Ø Memberikan contoh yang dapat menjadi teladan (komunikatif, konsisten, adil, jujur, tekun, tegas dan rasional).

3) Kerjasama, adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas secra bersama-sama.

Indikator kerjasama adalah :

Ø Menyelesaikan tugas bersama dengan orang lain secara kooperatif

Ø Membina keutuhan dan kekompakkan kelompok

Ø Tidak mendikte/ mendominasi kelompok

Ø Mau menerima pendapat orang lain.

4) Prakarsa, adalah kemampuan untuk mengajukan gagasan yang bermanfaat bagi kepentingan kelompok atau kepentingan yang lebih luas.

Indikator prakarsa adalah :

Ø Berperilaku positif untuk membantu kelancaran diklat dan membuat situasi diklat lebih dinamis.

Ø Mampu membuat saran-saran yang nyata, baik yang menyangkut materi diklat maupun yang menyangkut kelancaran pelaksanaan diklat.

Ø Dapat menyampaikan gagasan/ ide baru yang kritis, kontruktif dan bermanfaat.

Ø Mengajukan pertanyaan yang relevan dan bersifat tidak menguji atau memojokkan orang lain.

Ø Kemampuan mengendalikan diri, waktu, situasi dan lingkungan.

b. Penguasaan materi

Aspek penguasaan materi mecakup penguasaan materi dalam bahan ujian tertulis dengan indikator angka yang dihasilkan dari jawaban peserta dalam ujian tertulis.

c. Bobot penilaian

– Sikap dan perilaku berbobot 60%

Ø Disiplin berbobot 24%

Ø Kepemimpinan berbobot 12%

Ø Kerjasama berbobot 12%

Ø Prakarsa berbobot 12%

– Penguasaan materi berbobot 40%

Kualifikasi kelulusan peserta ditetapkan sebagai berikut :

ü Lulus sangat memuaskan : nilai 92,5-100

ü Lulus memuaskan : nilai 85-92,4

ü Lulus baik sekali : nilai 77,5-84,9

ü Lulus baik : nilai 60-77,4

ü Tidak lulus : nilai dibawah 60

Bagi para peserta yang telah menyelesaikan seluruh program diklat ini dengan baik serta dinyatakan lulus, maka akan mendapat Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan (STTPL).

2. Penilaian/ evaluasi terhadap widyaiswara

Aspek yang dinilai dari kinerja widyaiswara adalah

a. Penguasaan materi

b. Sistematika penyajian

c. Kemampuan menyajikan

d. Ketepatan waktu, kehadiran dan menyajikan

e. Penggunaan metode dan sarana diklat

f. Sikap dan perilaku

g. Cara menjawab pertanyaan dari peserta

h. Penggunaan bahasa

i. Pemberian motivasi kepada peserta

j. Pencapaian tujuan pembelajaran

k. Kerapian berpakaian

Penilaian terhadap widyaiswara dilakukan oleh peserta dan pengelola diklat.

3. Penilaian/ evaluasi terhadap penyelenggara

Aspek yang dinilai :

a. Efektivitas penyelenggaraan

b. Ketersediaan bahan diklat

c. Kesiapan sarana diklat

d. Kesesuaian pelaksanaan program dengan rencana

e. Ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana diklat

f. Kebersihan kelas, asrama, kamar mandi dll

g. Ketersediaan fasilitas olah raga dan kesehatan.

X. PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM

SENIN, 13 Februari 2009

Waktu

JPL

Mata Diklat

Pengajar

06.30-07.30

REGISTRASI

BKD Kab. Sleman

07.30-09.00

Upacara Pembukaan

Ka. BKD Kab.Sleman,

Badan Diklat Prof DIY,

Bupati Sleman

09.00-09.45

Pengarahan Umum

Panitia

09.45-10.00

Istirahat

10.00-11.00

Pre test

Panitia

11.00-12.00

Pengarahan program

Panitia

12.00-13.00

Ishoma

13.00-13.45

Timbang badan, tes tensi darah

Panitia

13.45-14.30

Pembentukan pengurus kelas

Panitia

14.30-15.15

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Indah Ardani, M.Hum

14.30-15.16

Istirahat

15.45-16.30

Lanjutan

Sda

16.30-17.15

2

Wawasan kebangsaan dan NKRI

Rusiadi, M.Hum

17.15-18.00

Sda

Sda

18.00-19.00

Ishoma

19.00-19.45

2

Pembukaan dan batang tubuh UUD 1945

Tina Agustina, M.Pd

19.45-20.30

Sda

Sda

20.30-21.00

apel malam

Panitia

SELASA, 14 Februari 2009

Waktu

JPL

Mata Diklat

Pengajar

05.15-06.00

SKJ

Panitia

06.00-07.30

Persiapan dan makan pagi

Panitia

07.30-08.00

apel pagi

Panitia

08.00-08.45

3

Sistem penyelenggaraan pemerintah RI

Wahyu Anggoro, M.Pd

08.45-09.30

Sda

Sda

09.30-10.15

Sda

Sda

10.15-10.30

Istirahat

10.30-11.15

2

Otonomi daerah

Susila Sari, MM

11.15-12.00

Sda

Sda

12.00-12.45

Ishoma

12.45-13.30

1

Manajemen HUMAS

Satya arjuna, M.Pd

13.30-14.15

2

Tata bahasa Indo yang baik dan benar

Anggraini Tari, M.Pd

14.15-15.00

Sda

Sda

15.00-15.30

Istirahat

15.30-16.15

1

Wawasan kebangsaan dalam NKRI

Rusiadi, M.Hum

16.15-17.00

2

Manajemen kurikulum

Slamet Lestari,M.Pd

17.00-17.45

Sda

Sda

17.15-19.00

Ishoma

19.00-19.45

2

Manajemen peserta didik

Meilina Bustari, M.Pd

19.45-20.30

Sda

Sda

20.30-21.00

apel malam

Panitia

RABU, 15 Februari 2009

Waktu

JPL

Mata Diklat

Pengajar

05.15-06.00

SKJ

Panitia

06.00-07.30

Persiapan dan makan pagi

Panitia

07.30-08.00

apel pagi

Panitia

08.00-08.45

3

penggunaan istilah

Dimas Jaya, M.Pd

08.45-09.30

Sda

Sda

09.30-10.15

Sda

Sda

10.15-10.30

Istirahat

10.30-11.15

2

Manajemen personalia

Lia Yuliana, M.Pd

11.15-12.00

Sda

Sda

12.00-12.45

Ishoma

12.45-13.30

2

Manajemen keuangan

Niron, M.Pd

13.30-14.15

Sda

Sda

14.15-15.00

2

Komunikasi yang efektif

Ratna Puspita, MM

15.00-15.30

Istirahat

15.30-16.15

lanjutan

Sda

16.15-17.00

2

Manajemen fasilitas

Wahyuningrum,M.Pd

17.00-17.15

Sda

Sda

17.15-19.00

Ishoma

19.00-19.45

2

Etika Organisasi pemerintahan

Endang Cahyati, MM

19.45-20.30

Sda

Sda

20.30-21.00

apel malam

Panitia

KAMIS, 16 Februari 2009

Waktu

JPL

Mata Diklat

Pengajar

05.15-06.00

SKJ

Panitia

06.00-07.30

Persiapan dan makan pagi

Panitia

07.30-08.00

apel pagi

Panitia

08.00-08.45

2

Manajemen tata laksana

Ruminiarty,M.Pd

08.45-09.30

Sda

Sda

09.30-10.15

3

Budaya kerja organisasi pemerintahan

Joko tanto,M.Pd

10.15-10.30

Istirahat

10.30-11.15

lanjutan

Sda

11.15-12.00

2

Manajemen HUMAS

Setya Arjuna,M.Pd

12.00-12.45

Ishoma

12.45-13.30

lanjutan

Sda

13.30-14.15

2

Manajemen organisasi

Tuti Astuti,MM

14.15-15.00

Sda

Sda

15.00-15.30

Istirahat

15.30-16.15

2

Membangun kerja sama tim

Hermanto, MM

16.15-17.00

Sda

Sda

17.00-17.45

1

Manajemen peserta didik

Meilina bustari,M.Pd

17.45-19.00

Ishoma

19.00-19.45

2

Manajemen kurikulum

Slamet Lestari,M.Pd

19.45-20.30

Sda

Sda

20.30-21.00

apel malam

Panitia

JUM’AT, 17 Februari 2009

Waktu

JPL

Mata Diklat

Pengajar

05.15-06.00

SKJ

Panitia

06.00-07.00

Persiapan dan makan pagi

Panitia

07.00-07.45

apel pagi

Panitia

07.45-08.30

2

Manajemen personalia

Lia Yuliana,M.Pd

08.30-09.15

Sda

Sda

09.15-10.00

1

Manajemen peserta didik

Meilina Bustari, M.Pd

10.00-10.15

Istirahat

10.15-11.00

2

Tata bahasa Indo yang baik dan benar

Anggraini Tari,M.Pd

11.00-11.45

Sda

Sda

11.45-13.15

Sholat jum’at dan makan

13.15-14.00

2

Manajemen keuangan

Niron,M.Pd

14.00-14.45

Sda

Sda

14.45-15.30

2

Manajemen tata laksana

Rumuniarty,M.Pd

15.30-16.00

Istirahat

16.00-16.45

lanjutan

sda

16.45-17.30

2

Manajemen fasilitas

Wahyuningrum,M.Pd

17.30-18.15

Sda

Sda

18.15-19.00

Ishoma

19.00-19.45

2

Membangun kerja sama tim

Hermanto,MM

19.45-20.30

Sda

Sda

20.30-21.00

apel malam

Panitia

SABTU, 18 Februari 2009

Waktu

JPL

MataDiklat

Pengajar

05.15-06.00

SKJ

Panitia

06.00-07.30

Persiapan dan makan pagp

Panitia

07.30-08.00

apel pagi

Panitia

08.00-08.45

1

Manajemen HUMAS

Setya Arjuna,M.Pd

08.45-09.30

2

Otonomi Daerah

Susila sari,MM

09.30-10.15

Sda

Sda

10.15-10.30

Istirahat

10.30-11.15

2

Manajemen Organisasi

Tuti Astuti,MM

11.15-12.00

Sda

Sda

12.00-12.45

Ishoma

12.45-13.30

2

Etika Organisasi Pemerintah

Endang Cahyati,MM

13.30-14.15

Sda

Sda

14.15-15.00

Evaluasi

Panitia

15.00-15.30

Sda

Panitia

15.30-16.15

Istirahat

16.15-17.00

Evaluasi

Panitia

17.00-17.45

Upacara penutupan

Ka.BKD

XI. SISTEM PEMANTAUAN KURIKULUM

Sistem Pemantauan program dalam diklat latihan Pra jabatan calon Pegawai Administrasi Golongan II/a yaitu :

1. Setiap widyaiswara harus membuat Rencana Pembelajaran tentang mata pelajaran yang akan diajarkan.

2. Menyediakan presensi/ daftar hadir untuk peserta dan widyaiswara.

3. Setiap widyaiswara membuat laporan kemajuan pembelajaran.

4. Laporan kegiatan.

XII. BIMBINGAN DAN PERBAIKAN

Bagi peserta diklat yang telah mengikuti seluruh program pendidikan dan latihan namun memperoleh hasil/ nilai yang kurang baik atau bahkan dinyatakan tidak lulus, maka akan diberikan bimbingan dan perbaikan (program remedial) agar peserta tersebut akhirnya lulus.

XIII. SUPERVISI KURIKULUM

Kegiatan supervisi kurikulum dalam kegiatan diklat ini dilaksanakan dengan cara :

1. Peninjauan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan terhadap kurikulum yang digunakan dalam penyelenggaraan diklat.

2. Pimpinan lembaga diklat melakukan koordinasi dengan widyaiswara mengenai kurikulum diklat tersebut.

3. Dinas Pendidikan dan pimpinan lembaga diklat melakukan pengawasan dan penilaian terhadap kurikulum yang dipakai dalam diklat tersebut.